Perbedaan Vivo S1 dan Vivo Z1 Pro, Jagoan Baru Vivo 3 Jutaan

Belum lama ini, Vivo memang merilis dua smartphone terbaru mereka dalam waktu yang berdekatan. Pada tanggal 16 Juli lalu, Vivo merilis Vivo S1 yang menurut kami mengandalkan style dan juga In Display Fingerprint. Dan pada tanggal 05 Agustus kemarin, Vivo Z1 Pro dirilis secara resmi di Indonesia, mengandalkan performa gaming yang mumpuni, namun tetap memiliki kemampuan kamera yang memadai sebagaimana layaknya Vivo S1.

Vivo S1 Vs Vivo Z1 Pro
Vivo S1 Vs Vivo Z1 Pro
Untuk harganya sendiri di Indonesia, harga Vivo S1 dibanderol termurah di angka Rp. 3.599.000, sementara harga Vivo Z1 Pro dibanderol termurah di angka Rp. 3.099.000. Mungkin banyak orang yang berpikir jika Vivo malah membuat persaingan diantara kedua smartphone terbaru ini. Namun kenyataanya tidak, baik Vivo S1 ataupun Vivo Z1 Pro masing masing memiliki keunggulan tersendiri yang tidak dimiliki saudaranya.

Namun tidak sedikit juga yang bingung untuk membeli Vivo S1 atau membeli Vivo Z1 Pro. Hal ini mungkin saja dikarenakan harga yang tidak terlalu jauh berbeda, kemampuan kamera yang kurang lebih sama, dan juga memiliki keunggulan masing masing, yang membuat kedua smartphone ini saling menutupi dan saling mengisi.

Sebagaimana kami sebutkan diatas, kedua smartphone ini sebenarnya saling mengisi dengan keunggulan masing masing yang dimiliki. Jadi, sebenarnya anda tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan ataupun keinginan anda, untuk mengetahui lebih memilih Vivo S1 atau memilih Vivo Z1 Pro.

Kesamaan Vivo S1 dan Vivo Z1 Pro

Namun sebelum kita mengulas lebih dalam mengenai perbedaan Vivo S1 dan Vivo Z1 Pro, mungkin akan lebih baik jika kita membahas terlebih dahulu mengenai kesamaan atau persamaan Vivo S1 dan Vivo Z1 Pro. Memang ada beberapa sektor yang sama, ataupun hampir sama antara kedua smartphone ini.

Persamaan pertama terdapat pada kamera utama yang dimiliki. Vivo S1 dan Vivo Z1 Pro masing masing dibekali dengan tiga buah kamera utama masing masing beresolusi 16MP sebagai kamera utama, 8MP sebagai kamera ultrawide, dan 2MP sebagai depth sensor.

Begitu juga dengan kamera depan atau kamera selfie, yang sama sama menggunakan lensa beresolusi 32MP dengan bukaan aferture f/2.0, sama sama sudah dibekali dengan mode HDR dan mampu merekam video hingga 1080p@30fps.

Namun walaupun memiliki lensa beresolusi sama, hasil foto maupun hasil video dari keduanya dipastikan akan berbeda, dimana hasil kamera Vivo S1 terlihat lebih cantik dan berwarna, namun hasil foto kamera Vivo Z1 Pro terlihat jauh lebih natural.

Selain sektor kamera, keduanya juga memiliki kesamaan pada teknologi fast charging yang dimiliki. Vivo S1 dan Vivo Z1 Pro dibekali dengan fast charging 18W, yang dimana tentu sudah sangat mumpuni. Namun kapasitas baterai Vivo Z1 Pro sedikit lebih besar dibandingkan milik Vivo S1.

Untuk sistem operasi, seperti biasa Vivo selalu menggunakan Funtouch OS milik mereka. Vivo S1 dan Vivo Z1 Pro dibekali dengan Funtouch OS 6, berbasiskan Android 9.0 (Pie) terbaru.

Perbedaan Vivo S1 dan Vivo Z1 Pro

Jadi, memang tidak terlalu banyak perbedaan yang bisa kita temukan pada Vivo S1 dengan Vivo Z1 Pro. Hal yang membuat bingung para konsumen untuk lebih memilih yang mana, mungkin saja semata mata karena merupakan dua smartphone baru, dan juga memiliki banderol harga yang tidak jauh berbeda. Dan berikut ulasan kami mengenai perbedaan Vivo S1 dengan Vivo Z1 Pro yang baru saja dirilis di Indonesia.

1. Dimensi dan Desain

Baik Vivo S1 ataupun Vivo Z1 Pro, merupakan dua smartphone baru di serie ini yang masuk ke Indonesia pertama kalinya. Secara keseluruhan, dimensi Vivo Z1 Pro sedikit lebih besar dibandingkan dimensi Vivo S1. Hal ini tentu saja dikarenakan layar Vivo Z1 Pro sedikit lebih lega dibandingkan saudaranya, dan berefek pada dimensi secara keseluruhan.

Untuk bagian warna body belakang, keduanya sama sama menggunakan gradasi warna yang saat ini memang sedang trend. Namun jika pada Vivo S1 terdapat garis garis melengkung, maka pada Vivo Z1 Pro, garis tersebut hanya ada dua dan ditempatkan memanjang dari atas ke bawah. Untuk bagian belakang, memang sangat terlihat perbedaan Vivo S1 dan Vivo Z1 Pro, terutama karena sensor fingerprint Vivo Z1 Pro masih konvensional dengan penempatan di belakang.

2. Spesifikasi Layar

Bukan hanya berbeda ukuran, namun perbedaan Vivo S1 dengan Vivo Z1 Pro pada sektor layar memang mencakup berbagai hal, seperti model layar yang digunakan, jenis panel layar, dan fitur yang dimiliki, dimana pada sektor ini Vivo S1 lebih unggul dibandingkan Vivo Z1 Pro.

Vivo S1 sudah dibekali dengan panel berjenis Super AMOLED berukuran 6.38 inchi dengan resolusi 1080 x 2340 piksel. Sementara Vivo Z1 Pro menggunakan IPS LCD berukuran 6.53 inchi dengan resolusi yang sama, 1080 x 2340 piksel juga. Fitur Always On Display menjadi fitur yang dimiliki Vivo S1 dan memang tidak memungkinkan dimiliki oleh Vivo Z1 Pro karena belum menggunakan Super AMOLED.

Jelas jika Super AMOLED milik Vivo S1 akan lebih jernih, yang mana memang merupakan keunggulan dari Super AMOLED. Selain itu, dengan resolusi yang sama, namun memiliki ukuran lebih kecil, keunggulan yang dimiliki layar Vivo S1 akan semakin terasa.

Model layar yang digunakan juga berbeda, dan ini tentu saja tergantung selera masing masing. Vivo S1 dibekali dengan waterdrop screen yang sudah lumrah sebenarnya. Sementara Vivo Z1 Pro menggunakan style O Screen, yang menurut kami sedikit lebih istimewa dan eksklusif karena lebih jarang kita temukan.

3. Dapur Pacu

Disinilah letak perbedaan Vivo S1 dengan Vivo Z1 Pro yang paling utama dan memang dibidik oleh Vivo. Selama ini, Vivo selalu berusaha superior di sektor kamera, namun terbilang kurang di sektor performa game. Hal ini tidak lain dan tidak bukan dikarenakan chipset Mediatek yang lebih banyak digunakan, sementara Snapdragon memiliki keunggulan yang lebih untuk menghasilkan performa gaming yang mantap.

Perbedaan Vivo S1 dan Vivo Z1 Pro pada sektor ini menjadikan keduanya memang menyasar pasar yang berbeda dan tidak saling bersaing di pasaran. Jika anda hanya ingin sekedar menggunakan sosial media ataupun fitur kamera yang melimpah, maka Vivo S1 adalah pilihan yang paling tepat. Namun jika menginginkan performa gaming yang lebih mumpuni, maka tidak ada alasan untuk menolak Vivo Z1 Pro.

Vivo S1 dibekali dengan chipset Mediatek Helio P65 (12nm) Octa-Core yang dipadukan dengan Mali-G52 MC2, sementara Vivo Z1 Pro dibekali dengan Snapdragon 712 (10nm) Octa-Core yang dipadukan dengan Adreno 616 sebagai pengolah grafis. Performa gaming dari Snapdragon 712 memang sudah tidak perlu diragukan lagi, dan inilah yang menjadi keunggulan utama Vivo Z1 Pro.

Untuk mendukung kinerja dan multitasking yang mumpuni, Vivo S1 dibekali dengan RAM 4GB atau 6GB yang dipadukan dengan memori internal 128GB. Sementara Vivo Z1 Pro dibekali dengan pilihan RAM 4GB dengan memori internal 64GB atau RAM 6GB dengan memori internal 64GB atau 128GB.

4. Sensor Fingerprint

Jika urusan dapur pacu menjadi keunggulan Vivo Z1 Pro, maka fitur sensor fingerprint menjadi andalan dari Vivo S1. Vivo Z1 Pro tidak bisa membanggakan apa apa dalam hal ini karena masih menggunakan sensor fingerprint konvensional yang ditempatkan di body belakang. Hal ini juga sudah lumrah kita temui, bahkan pada hp seharga 1 jutaan sekalipun.

Namun Vivo S1 jauh lebih unggul dikarenakan sudah mengadopsi In Display Fingerprint, atau sensor fingerprint di dalam layar. Selain lebih canggih, desain body belakang Vivo S1 juga terlihat jadi lebih minimalis dan lebih clean.

5. Kapasitas Baterai

Kembali unggul dan memberikan poin penting bagi Vivo Z1 Pro. Baterai yang dimiliki oleh hp dengan performa gaming yang mantap ini lebih superior dibandingkan saudaranya Vivo S1. Jika Vivo S1 dibekali dengan baterai sebesar 4.500mAh, maka Vivo Z1 Pro sudah dibekali dengan baterai 5.000mAh.

Mungkin saja anda akan mengatakan tidak terlalu jauh berbeda dan tidak akan terasa dalam penggunaan sehari hari. Namun jika kita melihat chipset yang digunakan, dimana Vivo Z1 Pro menggunakan chipset dengan pabrikasi 10nm saja, sementara Vivo S1 menggunakan 12nm, maka Vivo Z1 Pro seharusnya lebih unggul dalam hal konsumsi daya.

Sistem operasi yang sama dengan Funtouch OS 6 berbasiskan Android 9.0 (Pie), namun unggul dengan chipset yang lebih hemat daya, unggul lagi dengan baterai yang lebih besar. Bisa dipastikan jika Vivo Z1 Pro akan memiliki daya tahan baterai yang lebih mumpuni daripada Vivo S1, bukan hanya sekedar data dalam angka saja.

Kesimpulan

Setidaknya ada 5 perbedaan Vivo S1 dengan Vivo Z1 Pro yang paling umum dan terlihat. Mulai dari dimensi dan desain yang tentunya sesuai selera masing masing, layar yang lebih unggul Vivo S1, dapur pacu yang lebih mumpuni Vivo Z1 Pro, sensor fingerprint yang lebih unggul Vivo S1, dan baterai yang lebih unggul Vivo Z1 Pro. Desain tentu saja tidak bisa dinilai secara akurat dan kembali pada pilihan dan selera masing masing.

Namun jika kita membandingkan Vivo S1 dengan Vivo Z1 Pro, maka setidaknya Vivo S1 unggul sebanyak dua kali, yakni layar dan sensor fingerpint, dan Vivo Z1 Pro juga unggul dua kali, yakni performa dapur pacu dan baterai. Sekarang, semuanya kembali kepada keinginan dan kebutuhan anda masing masing, untuk lebih memilih membeli Vivo S1 atau Vivo Z1 Pro.

Jika anda menyukai panel layar yang lebih canggih dan tajam dan juga fitur kamera yang lebih mumpuni, serta sensor fingerprint yang lebih canggih, maka Vivo S1 adalah pilihan yang paling tepat. Namun jika anda merupakan pecinta gaming, maka Vivo Z1 Pro bukanlah lawan sepadan dari Vivo S1, terutama karena memiliki daya tahan baterai yang lebih lama juga untuk kebutuhan bermain game.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel