Kelebihan dan Kekurangan Vivo Z1 Pro Spesifikasi Serta Harga

Vivo Z1 Pro - Dalam waktu yang sangat singkat, Vivo meluncurkan dua produk menengah di Indonesia. Pada tanggal 16 Juli lalu, Vivo S1 diluncurkan, menyusu kemudian Vivo Z1 Pro yang dirilis pada tanggal 05 Agustus kemarin. Melihat spesifikasi Vivo Z1 Pro yang mumpuni di sektor gaming, tentu menjadi sesuatu hal yang menarik karena biasanya Vivo lebih mengutamakan sektor kamera. Dan tentu saja sangat menarik untuk mengulas lebih dalam mengenai kelebihan dan kekurangan Vivo Z1 Pro terbaru ini.

Vivo Z1 Pro
Vivo Z1 Pro
Pada saat dirilis tanggal 05 Agustus kemarin, harga Vivo Z1 Pro dibanderol di angka Rp. 3.099.000 yang dijual secara online di salah satu marketplace Indonesia, yakni Lazada. Harganya memang tidak terlalu jauh berbeda dengan Vivo S1 yang sudah terlebih dahulu mendarat di Indonesia. Namun ada beberapa keunggulan yang dimiliki oleh Vivo Z1 Pro dibandingkan Vivo S1, begitu juga dengan beberapa kelemahan yang dimiliki.

Kelebihan Vivo Z1 Pro

Salah satu yang paling menarik dari Vivo Z1 Pro bagi sebagian besar konsumen adalah layar O Screen dan juga chipset yang digunakan. Seakan melompat dari kodrat Vivo pada umumnya, Vivo Z1 Pro memang dibekali dengan chipset yang mengutamakan performa gaming. Hal ini agak berbeda dengan kebiasaan Vivo yang dominan menggunakan Mediatek selama ini. Dan berikut ulasan kami mengenai kelebihan Vivo Z1 Pro yang baru saja dirilis di Indonesia.

1. Desain Premium

Memang harus diakui jika desain dari Vivo Z1 Pro sangat kental dengan aura premium dan mewah. Menggunakan warna glossy pada sekujur body dengan sedikit warna gradasi pada bagian belakang. Hanya saja untuk bagian belakang memang tidak seminimalis desain Vivo S1, karena masih terdapat sensor fingerprint konvensional.

Pada bagian depan, sesuatu yang istimewa dan menjadi kelebihan Vivo Z1 Pro menurut kami. Ya, daripada menggunakan notch di atas layar, memang kelihatan jauh lebih premium dengan menggunakan layar O Screen berukuran kecil yang ditempati oleh lensa kamera depan saja. Bezel yagn sangat tipis, membuat Vivo Z1 Pro tetap memiliki dimensi yang kompak, walaupun layarnya sudah terbilang luas.

2. Layar O Screen Lega

Sebagaimana yang kami jelaskan diatas tadi, Vivo Z1 Pro memilih lebih menggunakan layar O Screen dibandingkan waterdrop screen. Panel berjenis IPS LCD yang dimiliki berukuran 6.53 inchi dengan resolusi yang mendukung 1080 x 2340 piksel. Resolusi yang tinggi ini terasa sudah cukup mumpuni dengan ukuran layar yang dimiliki. Alhasil, merupakan hal yang nyaman ketika menggunakan Vivo Z1 Pro sekedar menonton video ataupun bermain game.

3. Dapur Pacu Mumpuni

Seperti beberapa hp Vivo lainnya, Vivo Z1 Pro juga dibekali dengan sistem operasi Funtouch yang merupakan hasil kustomisasi dari Android oleh Vivo. Funtouch merupakan salah satu UI Android yagn terkenal smooth, hemat daya, dan juga hemat RAM.

Vivo Z1 Pro dibekali dengan Funtouch OS 9 berbasiskan Android 9.0 (Pie). Funtouch memang sudah sangat banyak berkembang dan sekarang ini sudah mencapai versi 9, yang mana sudah digunakan oleh Vivo Z1 Pro dan juga beberapa hp Vivo terbaru lainnya.

Desain Vivo Z1 Pro
Desain Vivo Z1 Pro
Hal yang sangat menarik dan menjadi kelebihan Vivo Z1 Pro adalah chipset yang digunakan. Ya, Vivo Z1 Pro dibekali dengan chipset Snapdragon 712 (10nm) Octa-Core yang dipadukan dengan GPU Adreno 616 sebagai pengolah grafis. Kemampuan Snapdragon 712 sudah tidak perlu diragukan lagi untuk urusan gaming, salah satu hal yang sangat ditunggu tunggu oleh para pecinta Vivo di Indonesia selama ini.

4. RAM dan Storage Mumpuni

Untuk urusan membuka aplikasi dan menjalankan multitasking, kemampuan dan kelebihan Vivo Z1 Pro sudah tentu sangat mumpuni. Vivo Z1 Pro sendiri tersedia dalam varian RAM 4GB yang dipadukan dengan memori interna 64GB dan RAM 6GB yang dipadukan dengan memori internal 64GB atau 128GB. Memori internal yang dimiliki tergolong memang tidak terlalu besar dan sudah biasa digunakan oleh beberapa ponsel terbaru saat ini.

Namun jika anda ingin menambah kapasitas memori, maka bisa menggunakan microSD hingga kapasitas 256GB. Dan untungnya lagi, karena Vivo Z1 Pro memiliki slot microSD tersendiri yang terpisah dari slot dual SIM.

5. AI Triple Kamera Utama

Ya, keunggulan Vivo Z1 Pro di sektor kinerja terutama performa gaming sudah mumpuni. Dan kebiasaan Vivo selama ini adalah memiliki kelebihan sektor kamera. Dan ternyata, walaupun sudah unggul di sektor kinerja gaming, Vivo Z1 Pro juga masih unggul di sektor kamera.

Vivo Z1 Pro dibekali dengan triple kamera utama beresolusi 16MP sebagai kamera utama, 8MP sebagai kamera ultrawide, dan 2MP sebagai depth sensor. Menangkap setiap momen dengan hasil yang menakjubkan tentu bukan hal susah lagi untuk Vivo Z1 Pro terbaru ini.

6. Kamera Selfie 32MP

Selain Oppo, Vivo juga terkenal dengan kamera selfie yang mumpuni selama ini. Dan Vivo Z1 Pro sendiri sudah dibekali dengan kamera selfie beresolusi 32MP dengan bukaan aferture f/2.0. Seperti biasa, ada banyak fitur dan mode yang bisa anda pergunakan untuk mendapatkan hasil foto selfie yang lebih baik. Setidaknya ada fitur AI Face Beauty dan beberapa mode lainnya yang akan bekerja untuk memaksimalkan hasil foto anda.

7. Performa Gaming Maksimal

Kelebihan Vivo Z1 Pro yang paling diandalkan memang kelihatannya ada di sektor gaming. Tidak tanggung tanggung, Vivo membekali fitur game mode untuk Vivo Z1 Pro terbaru ini. Fitur ini akan bekerja untuk memaksimalkan kinerja ponsel saat bermain game online, dengan perpaduan dari berbagai fitur yang dimiliki.

Ada center turbo yang bekerja untuk mempercepat kerja prosesor agar alokasi memori dan CPU yang mengolah game tetap berjalan lancar. Ada juga cooling turbo yang bertugas untuk mendinginkan suhu ponsel saat bermain game. Selain itu, ada AI turbo, game turbo, dan juga net turbo yang semuanya bekerja untuk memaksimalkan performa gaming.

8. Baterai Besar dan Dual Engine Fast Charging

Standar penggunaan baterai yang besar sekarang ini memang sudah semakin naik. Jika di tahun 2017 lalu baterai sebesar 4.000mAh sudah sangat mumpuni, maka beda lagi di tahun ini. Kelebihan Vivo Z1 Pro sudah dibekali dengan baterai sebesar 5.000mAh, yang dipastikan akan mampu bertahan selama seharian penuh dengan penggunan normal.

Lantas, bagaimana dengan urusan pengisian daya baterai kembali?. Tenang, sebab Vivo Z1 Pro sudah dibekali dengan teknologi fast charging 18W yang disebut Vivo sebagai Dual Engine Fast Charging. Anda tidak perlu khawatir jika harus menunggu terlalu lama saat mengisi baterai ponsel, terutama untuk anda yang memiliki aktivitas padat.

Kekurangan Vivo Z1 Pro

Masih dibekali dengan microUSB 2.0 lawas. Ya, bagian ini merupakan salah satu yang sangat kami kurang sukai dan merupakan salah satu kelemahan Vivo Z1 Pro menurut kami. Ketika ponsel lain sudah mulai fokus menggunakan USB Type-C, tapi Vivo masih pede menggunakan microUSB 2.0 lawas. Dan berikut ulasan lengkap kami mengenai kekurangan Vivo Z1 Pro terbaru ini.

1. Material Plastik Polycarbonate

Secara tampilan, jelas harus diakui jika penggunaan material plastik polycarbonate sama sekali tidak masalah. Berbicara mengenai desain dan tampilan memang merupakan salah satu kelebihan Vivo Z1 Pro menurut kami. Namun hal yang terasa kurang terdapat pada material yang digunakan, dimana dibekali dengan plastik polycarbonate.

Penggunaan material yang lebih kuat, solid, dan lebih mewah sekarang ini sudah bukan hal baru lagi. Kita bisa melihat Redmi Note 7 di harga 2 Jutaan saja sudah menggunakan material berbahan kaca pada bagian belakang. Namun Vivo Z1 Pro yang dibanderol di angka 3 Jutaan masih pede menggunakan plastik polycarbonate.

2. MicroUSB 2.0 Lawas

Teknologi sudah semakin berkembang, dan mau tidak mau semua akan berubah pada waktunya. Begitu juga dengan port pengisian daya dan transfer data yang selama ini memang didominasi oleh microUSB 2.0. Namun secara perlahan, trend USB Type-C terbaru sudah semakin marak dan mulai banyak digunakan oleh beberapa brand di Indonesia.

Namun tidak dengan Vivo yang masih mengandalkan microUSB 2.0 lawas. Ini jelas saja merupakan kekurangan Vivo Z1 Pro menurut kami, sebab bisa kita lihat Redmi Note 7 sudah menggunakan USB Type-C di harga 2 Jutaan saja.

3. Mudah Kotor

Ya, harus diakui jika body Vivo Z1 Pro akan mudah kotor dan menangkap sidik jari pengguna. Anda memang bisa saja menggunakan case untuk mengatasi hal ini. Namun ketika anda menggunakan case, maka berarti anda juga akan kurang bisa menikmati keindahan dari desain dan warna Vivo Z1 Pro yang menurut kami sangat premium.

Harga dan Kesimpulan

Selama ini, ponsel besutan Vivo memang kurang mumpuni dalam sektor gaming, namun unggul di sektor kamera. Dan sudah sejak lama para pecinta Vivo di Indonesia berharap agar diberikan smartphone yang bisa tangguh diajak bermain game, namun tetap memiliki kemampuan kamera yang memadai. Dan kali ini, keinginan itu kesampaian dengan hadirnya Vivo Z1 Pro yang unggul di sektor gaming, namun kamera pun masih tetap bisa diandalkan.

Lantas, berapa budget yang harus anda keluarkan untuk bisa meminang Vivo Z1 Pro terbaru ini?. Walaupun terdiri dari 2 varian RAM dan 3 varian memori internal, namun sampai saat ini masih satu varian yang masuk secara resmi ke Indonesia, yakni varian RAM 4GB dengan memori internal 64GB. Dan harga Vivo Z1 Pro di Indonesia dipatok di angka Rp. 3.099.000, yang menurut kami sangat menarik.

Last, semua ulasan kami mengenai kelebihan dan kekurangan Vivo Z1 Pro mungkin saja tidak sesuai dengan pendapat anda masing masing. Namun kami berusaha mengkomparasikan fitur dan spesifikasi Vivo Z1 Pro dengan smartphone lainnya, agar kami bisa mengulas kelebihan dan kekurangan Vivo Z1 Pro dengan lebih akurat dan objektif.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel