Kelebihan dan Kekurangan Oppo K3 Spesifikasi Serta Harga

Oppo K3 - Jagoan terbaru dari Oppo ini dirilis pertama kali pada bulan Mei lalu dan pada tanggal 8 Agustus sudah launching di Indonesia secara resmi dan memulai penjualan perdana secara online. Melihat spesifikasi Oppo K3 terbaru ini, memang sedikit banyak mirip dengan spesifikasi Realme X yang sudah launching terlebih dahulu. Dengan segudang keunggulan Oppo K3, smartphone ini dibanderol seharga mulai dari Rp. 3 Jutaan saja, harga yang sangat wajar menurut kami. Tentu akan sangat menarik untuk membahas mengenai kelebihan dan kekurangan Oppo K3 yang dirilis bulan ini di Indonesia.

Oppo K3
Oppo K3
Dilihat dari sisi desain, Oppo K3 memiliki kemiripan dengan Realme X. Begitu juga dengan dimensi, kamera selfie model pop up, layar penuh, jenis panel layar, kapasitas baterai dan teknologi fast charging, under diplay fingerprint, sampai dengan chipset dan GPU pengolah grafis yang dimiliki. Namun perbedaan Realme X dengan Oppo K3 terdapat pada sektor kamera utama, dimana Realme X menurut kami lebih unggul.

Kelebihan Oppo K3

Berbagai fitur menarik dan spesifikasi mumpuni hadir pada Oppo K3 dan memang lumayan berbeda dari kebanyakan hp Oppo lainnya. Hal yang paling menarik dan menjadi keunggulan Oppo K3 menurut kami adalah penggunan kamera depan pop up, In Display Fingerprint, dan juga performa yang mumpuni dari chipset Snapdragon yang dimiliki. Dan berikut ulasan lengkap kami mengenai kelebihan Oppo K3 yang dirilis pada 8 Agustus di Indonesia.

1. Desain Clean dan Minimalis

Desainnya sama sekali tidak berbeda dengan Realme X, mulai dari bagian depan sampai belakang. Untuk dimensi juga demikian sama persis, kecuali ketebalan Oppo K3 yang lebih tebal dibandingkan Realme X. Inilah yang menjadi keunggulan Oppo K3 dikarenakan memiliki desain yang minimalis dan clean, tidak terlalu banyak pernak pernik yang kita temukan pada bagian depan dan belakang.

Oppo K3 sudah mengusung layar penuh tanpa notch, dan tentu dengan bezel yang sangat tipis. Dengan demikian, dimensi pun bisa ditekan walaupun Oppo K3 memiliki layar berukuran 6.5 inchi. Pada bagian belakang juga sangat minimalis, tanpa adanya sensor fingerprint konvensional. Hanya terdapat lensa dua kamera utama, ditemani LED Flash dan juga logo Oppo sendiri.

2. Panel Super AMOLED Lega dan Resolusi Tinggi

Sama seperti Realme X, Oppo K3 juga sudah dibekali dengan panel Super AMOLED yang memang terkenal tajam dan jernih. Dengan ukuran 6.5 inchi, namun dimensi ponsel keseluruhan bisa ditekan, dikarenakan Oppo K3 sudah menggunaakan desain layar penuh. Untuk memberikan ketajaman dan kejernihan yang lebih baik pada panel Super AMOLED yang dimiliki, layar Oppo K3 dibekali resolusi mencapai 1080 x 2340 piksel.

Tentu akan sangat kurang nyaman rasanya ketika memiliki layar yang bagus, namun terlihat baret baret ataupun tergores. Maka dari itu, kelebihan Oppo K3 sudah dibekali dengan Corning Gorilla Glass, yang akan menjamin layar smartphone tetap terlindungi dengan baik.

3. Performa Mumpuni

Performa dari hp Oppo selama ini memang tidak perlu diragukan lagi. Hanya saja sedikit kesulitan ketika dipaksa bermain game berat, sampai sampai Oppo berusaha memberikan berbagai fitur demi meningkatkan performa gaming. Hal ini tentu saja dikarenakan penggunan chipset Mediatek yang memang lebih banyak digunakan oleh Oppo.

Namun kali ini tidak, sebab merupakan kelebihan Oppo K3 menurut kami dimana sudah dibekali dengan chipset Snapdragon 710 (10nm) Octa-Core yang dipadukan dengan GPU Adreno 616 sebagai pengolah grafis. Performanya pun semakin maksimal dengan penggunaan sistem operasi ColorOS 6 berbasiskan Android 9.0 (Pie) terbaru.

Sekedar informasi, ColorOS milik Oppo memang dikenal sebagai salah satu UI Android yang smooth, hemat daya, serta hemat RAM. Jika kinerja dari ColorOS sudah mumpuni dengan chipset Mediatek, maka seharusnya akan lebih baik lagi jika disandingkan dengan chipset Snapdragon.

4. RAM dan Storage Lega

Oppo K3 seakan akan memang ditargetkan untuk para konsumen yang menginnginkan kinerja gaming yang lancar dan tanpa lag. Untuk mendukung semua hal tersebut, Oppo K3 pun sudah dibekali dengan RAM dan memori internal yang terbilang lega.

Setidaknya, terdapat dua varian RAM, yakni 6GB yang dipadukan dengan memori internal 64GB dan RAM 8GB yang dipadukan dengan memori internal 128GB dan 256GB. Dipastikan dengan ukuran RAM seperti ini, anda bisa bebas memainkan game berat tanpa harus takut lag pada saat game berlangsung.

5. Kamera Selfie Motorized Pop-Up

Dengan harga yang dimulai di angka Rp. 3 Jutaan saja, sebuah kelebihan Oppo K3 yang sangat superior rasanya dibekali dengan kamera depan model pop up. Teknologi ini masih tergolong baru dan termasuk teknologi yang masih mahal. Namun demi kepuasan konsumen, maka Oppo K3 sudah dibekali dengan Motorized Pop-Up kamera selfie beresolusi 32MP yang tentunya akan sangat mumpuni untuk menghasilkan foto yang tajam dan detail.

Oppo K3 Terbaru
Oppo K3 Terbaru
Efek penggunan dari kamera pop up ini pun berimbas pada layar, dimana layar bisa full dan tanpa adanya gangguan notch lagi ala waterdrop screen. Menggunakan satu teknologi canggih, namun bisa memberikan keunggulan Oppo K3 di sektor lainnya, yakni sektor layar.

6. Performa Game Meningkat

Jika dibandingkan dengan beberapa hp Oppo sebelumnya, maka kelebihan Oppo K3 di sektor game seharusnya sudah tidak perlu diragukan lagi. Penggunaan chispet Snapdragon 710 (10nm) Octa-Core seharusnya bisa memberikan kinerja yang lebih maksimal daripada chispet Mediatek Helio P70 sekalipun. Hal ini semakin diperkuat dengan ukuran RAM yang mumpuni, demi kelancaran game dan multitasking.

Terdapat juga fitur GameBoost yang akan bekerja untuk memaksimalkan kecepatan saat bermain game. Fitur ini bekerja untuk menyatukan pengakselerasi frame-rate khas Oppo, yaitu Frame Boost, serta sensor sentuh pada layar yang lebih sensitif pada Touch Boost untuk mengatasi kendala pada performa game dan menghindari masalah pada sensor sentuh saat pada layar saat bermain game.

Jika anda menyukai game online dan ingin membeli hp Oppo harga terjangkau untuk bermain game, maka segudang kelebihan Oppo K3 menurut kami akan sangat layak dipertimbangkan. Hanya saja, tentu ada sektor yang akan dikorbankan dari peningkatan sektor performa game tersebut, seperti pada kamera utama.

7. Fitur Dolby Atmos

Fitur Dolby Atmos sebenarnya bukanlah teknologi baru dan sudah sering dipergunakan oleh Samsung untuk perangkat hp mereka. Namun kali ini Oppo K3 pun sudah dibekali dengan fitur tersebut. Fitur Dolby Atmos ini menggunakan efek suara 3D untuk menciptakan pengalaman audio berkualitas sinema yang akan sangat berguna ketika digunakan mendengarkan musik, menonton video, ataupun bermain game.

8. Hidden Fingerprint Unlock

Bahasa umumnya adalah Under Display Fingerprint ataupun sensor fingerprint yang diletakkan di dalam layar. Namun Oppo lebih suka menyebutkan dengan sebutan Hidden Fingerprint Unlock yang sebenarnya tidak memiliki perbedaan dengan kebanyakan teknologi In Display Fingerprint lainnya.

Ini tentu menjadi sebuah keunggulan Oppo K3 yang sangat menarik, mengingat harganya yang dimulai di angka Rp. 3 Jutaan saja. Oppo pun mengklaim jika sensor fingerprint terbaru ini sudah dipadukan dengan algoritma kecerdasan buatan (artificial intelligence) yang semakin efisien, dan bisa membuka kunci dengan lebih cepat sekitar 28.5 %.

9. VOOC Flash Charge 3.0

Sudah sejak lama Oppo memang memiliki teknologi fast charging sendiri yang diberi nama VOOC Flash Charge dan terus mengalami peningkatan demi mempercepat pengisian daya baterai, serta keamanan pengisian daya. Sebuah kelebihan Oppo K3 dikarenakan sudah dibekali dengan VOOC Flash Charge 3.0 (20W) yang mampu mengisi daya sekitar 25% lebih cepat daripada VOOC Flash Charge versi sebelumnya.

10. USB Type-C

Ya, akhirnya Oppo mulai bergerak dan menggunakan USB Type-C terbaru setelah beberapa brand lain menggunakannya bahkan pada hp murah sekalipun. Sebelumnya, Oppo masih menggunakan microUSB 2.0 lawas pada beberapa hp mereka, bahkan pada Oppo F11 dan Oppo F11 Pro sekalipun. Namun kali ini tidak, Oppo K3 sudah dibekali dengan USB Type-C yang tentunya memiliki banyak kelebihan dibandingkan microUSB 2.0 lawas.

Kekurangan Oppo K3

Semua konsumen ataupun pecinta brand Oppo tentu sudah tahu jika keunggulan Oppo adalah sektor kamera yang memang mumpuni. Namun di sisi lain, hp Oppo juga dikenal sebagai salah satu brand yang kurang mumpuni ketika digunakan bermain game. Dan kali ini Oppo K3 sudah dibekali dengan performa gaming yang mumpuni dan bisa diadu dengan hp lain. Namun yang menjadi kelemahan Oppo K3 adalah di sektor yang mana selama ini menjadi keunggulan mereka, yakni kamera. Dan berikut ulasan kami mengenai kekurangan Oppo K3 yang baru rilis di Indonesia ini.

1. Material Body Plastik

Ya, entah kenapa, Oppo memang masih sangat betah menggunakan material berbahan plastik polycarbonate pada bagian body belakang. Secara desain memang sama sekali tidak memberikan pengaruh buruk, namun akan berbeda ketika berbicara mengenai kualitas dan ketahanan. Selain itu, body belakang Oppo K3 juga akan lebih mudah tergores dan mudah kotor.

Jika dibandingkan dengan rivalnya Xiaomi, kelihatannya Oppo masih kalah. Redmi Note 7 sekalipun yang hanya dibanderol senilai Rp. 2 Jutaan saja sudah dibekali dengan material body berbahan kaca dan dilapisi Corning Gorilla Glass. Alhasil, kekurangan Oppo K 3 pada pemilihan material plastik ini menurut kami cukup mengganggu.

2. Baterai Alakadarnya

Kebutuhan akan baterai yang besar sudah tidak bisa dielakkan lagi dan memang sudah menjadi sebuah kebutuhan yang sangat penting. Namun entah kenapa, Oppo K3 hanya dibekali dengan baterai sebesar 3.765mAh, baterai yang sama dengan milik Realme X yang sudah terlebih dahulu dirilis. Sekalipun memang ColorOS diklaim hemat daya, namun tentu akan jauh lebih baik jika kekurangan Oppo K3 ini ditutupi dengan menggunakan baterai setidaknya berkapasitas 4.000mAh.

3. Tanpa Slot MicroSD

Ketika anda berencana untuk menyimpan banyak file atau dokumen berukuran besar pada hp, maka anda harus membeli varian dengan memori internal yang lebih tinggi, dimana harganya juga tentu akan lebih mahal. Hal ini dikarenakan kekurangan Oppo K3 sudah tidak dibekali lagi dengan slot microSD untuk tambahan media penyimpanan.

4. Kamera Utama Menurun

Oppo dikenal sebagai salah satu brand yang superior dalam sektor kamera. Namun mau tidak mau, Oppo K3 memang harus mengorbankan sektor ini dikarenakan peningkatan performa gaming dan kinerja, serta beberapa fitur canggih lainnya. Walaupun masih superior di sektor kamera depan, namun kamera utama Oppo K3 menurut kami jadi terasa menurun dan agak berbeda dari hp Oppo kebanyakan.

Ya, dual kamera utama Oppo K3 dibekali dengan lensa beresolusi 16MP dan 2MP. Sementara Realme X saja sudah dibekali dengan lensa beresolusi 48MP dan 5MP, yang tentunya lumayan jauh lebih superior daripada Oppo K3. Namun apapun itu, kekurangan Oppo K3 ini masih bisa tertutupi dengan kinerja yang mumpuni serta berbagai peningkatan pada sektor gaming.

Harga dan Kesimpulan

Jika anda ingin mencari hp Oppo dengan kemampuan gaming yang mumpuni, serta kinerja yang handal, maka berbagai kelebihan Oppo K3 ini sangat layak dipertimbangkan. Namun jika anda mencari hp Oppo yang memang khas Oppo dengan kemampuan kamera adalah hal yang utama, maka masih ada banyak pilihan hp Oppo lainnya yang mungkin akan lebih menarik.

Lantas, berapa budget yang harus anda keluarkan untuk bisa memiliki atau membeli Oppo K3 terbaru ini?. Harga Oppo K3 (6GB/64GB) dibanderol senilai INR 16.990 atau kisaran Rp. 3.4 Jutaan, harga Oppo K3 (8GB/128GB) dipatok di angka INR 19.990 atau kisaran Rp. 4.1 Jutaan kurang. Harga yang masih sangat wajar menurut kami jika melihat berbagai keunggulan Oppo K3 ini.

Update : Pada saat melakukan launching dan memulai penjualan online di Lazada pada tanggal 08 Agustus 2019 di Lazada, harga Oppo K3 untuk varian RAM 6GB dengan memori internal 64GB dibanderol senilai Rp. 3.599.000, memang sedikit lebih mahal dari harga di India, namun masih tergolong wajar dan tidak terlalu jauh berbeda.

Last, semua ulasan kami mengenai kelebihan dan kekurangan Oppo K3 tersebut diatas mungkin saja tidak sesuai dengan pendapat anda masing masing. Namun kami berusaha mengkomparasikan fitur dan spesifikasi Oppo K3 dengan smartphone lain yang dijual pada range harga kurang lebih sama, untuk bisa mengulas kelebihan dan kekurangan Oppo K3 dengan lebih akurat dan objektif.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel