Perbedaan Vivo Y12 dan Y15, Selisih Harga Hanya 100 Ribu

Vivo Y12 Vs Vivo Y15 - Dengan selisih harga yang sangat tipis, apa sih perbedaan Vivo Y12 dan Y15 yang baru saja dirilis di Indonesia ini?. Keduanya memang menyasar smartphone kelas menengah kebawah, namun sudah dibekali dengan berbagai fitur dan spesifikasi menarik. Sebut saja seperti tiga buah kamera utama yang menjadi nilai jual dari kedua hp Vivo terbaru ini. Namun terlepas dari itu, tentu ada perbedaan yang bisa kita temukan.

Perbedaan Vivo Y12 dan Y15
Perbedaan Vivo Y12 dan Y15
Vivo Y12 pertama kali dirilis pada bulan Juni kemarin, sementara Vivo Y15 sudah dirilis sejak bulan April lalu. Dengan perbedaan harga Vivo Y12 dan Y15 yang sangat sedikit, tentu tidak akan ada banyak perbedaan yang bisa kita temukan. Dari desain, dimensi, sampai dengan bobot sekalipun, tidak ada perbedaan yang bisa kita temukan. Lantas, dimana perbedaan Vivo Y12 dan Y15 yang memiliki banderol harga mirip ini?.

Spesifikasi Vivo Y12 dan Vivo Y15

Persamaan Vivo Y12 dan Y15 sangat banyak, bahkan mencakup hampir keseluruhan sektor. Mulai dari desain, dimensi, bobot, dapur pacu, sampai dengan beberapa aspek lainnya, memiliki sangat banyak persamaan. Vivo Y12 maupun Vivo Y15 memiliki desain yang menawan, dengan gradasi warna pada bagian body belakang. Hanya saja, material yang digunakan pada body belakang masih berbahan plasstik polycarbonate.

Untuk layarnya sendiri, keduanya menggunakan panel IPS LCD berukuran 6.53 inchi, dengan dukungan resolusi mencapai 720 x 1544 piksel. Resolusi tersebut tidak bisa dibilang superior, namun setidaknya masih cukup nyaman digunakan menonton video ataupun menampilkan detail detail pada layar smartphone.

Untuk dapur pacu, Vivo Y12 dan Y15 dibekali dengan chipset Mediatek Helio P22 (12nm) Octa-Core 2.0 GHz Cortex-A53, yang dipadukan dengan GPU PowerVR GE8320. Jika anda ingin memainkan game berat, maka chipset Mediatek kelas bawah ini akan kurang mampu memberikan hasil yang maksimal. Sementara untuk dukungan multitasking, sudah menjadi keunggulan Vivo dan memang bisa diandalkan.

Keduanya menggunakan sistem operasi Funtouch OS 6 berbasiskan Android 9.0 (Pie) terbaru. Sekedar informasi, Funtouch OS milik Vivo merupakan salah satu sistem operasi kustomisasi Android yang paling smooth, hemat daya, dan hemat RAM hingga saat ini.

Beralih ke bagian kamera belakang, tetap masih tidak ada perbedaan Vivo Y12 dan Y15. Keduanya sudah dibekali dengan AI Triple Camera utama yang menjadi nilai jual dan menjadi fitur andalan dari Vivo Y12 ataupun Vivo Y15 terbaru ini. Ketiga kamera tersebut masing masing beresolusi 13MP sebagai kamera utama, 8MP sebagai kamera ultrawide, dan 2MP sebagai depth sensor. Seperti biasa, ada banyak fitur dan mode kamera yang tersedia, untuk kamera belakang maupun kamera depan.

Daya tahan baterai sekarang ini sudah seolah menjadi kebutuhan utama yang harus diperhatikan dengan baik baik. Maka dari itu, Vivo Y12 dan Y15 pun sudah dibekali dengan baterai super besar, yakni 5.000mAh, yang dipastikan akan mampu bertahan seharian dengan penggunaan yang normal. Namun sayangnya, kedua hp Vivo murah ini masih belum dibekali dengan teknologi fast charging. Untuk sektor keamanan, keduanya sama sama mengandalkan sensor fingerprint, yang mana ditempatkan di body bagian belakang.

Perbedaan Vivo Y12 dan Y15

Setelah melihat spesifikasi keduanya diatas tadi, maka tentu wajar saja jika harganya memang tidak berbeda jauh, atau hanya berkisar Rp. 100 ribuan saja. Lantas, apa saja perbedaan Vivo Y12 dan Y15 yang bisa kita temukan?. Sama sekali tidak banyak dan menurut kami justru hanya merupaka perbedaan kecil saja yang tidak terlalu berpengaruh.

Untuk urusan kamera depan, maka Vivo Y15 masih lebih unggul dibandingkan saudaranya. Vivo Y15 sudah dibekali dengan lensa beresolusi 16MP, yang tentunya sudah lumayan bisa diandalkan untuk mengambil foto selfie ataupun wefie. Sementara Vivo Y12 masih hanya dibekali dengan lensa beresolusi 8MP saja, yang memang sangat terbatas dan terasa kurang untuk hp sekelas Vivo.

Sementara itu, Vivo Y12 terdiri dari dua varian RAM dan memori internal secara global, yakni RAM 3GB dengan memori internal 32GB dan RAM 4GB dengan memori internal 64GB. Sementara Vivo Y15 terdiri dari satu varian saja, yakni RAM 4GB dengan perpaduan memori internal 64GB.

Selanjutnya adalah harga, yang memang Vivo Y15 lebih mahal kisaran Rp. 100.000, dengan varian RAM dan memori internal yang sama, yakni RAM 4GB dan memori internal 64GB. Harga Vivo Y12 dipatok di angka Rp. 2.199.000 untuk RAM 4GB dan memori internal 64GB. Sementara harga Vivo Y15 dibanderol sebesar Rp. 2.299.000 untuk RAM 4GB dan memori internal 6GB juga.

Kesimpulan

Ketika anda membeli hp dengan harga yang mencapai angka Rp. 2 Jutaan, maka seharusnya nilai Rp. 100.000 mungkin tidak terlau terasa lagi. Dan untuk mendapatkan Vivo Y15, anda hanya membutuhkan tambahan dana sekecil itu saja, dan anda sudah mendapatkan sedikit keunggulan daripada apa yang bisa diberikan oleh Vivo Y12.

Ya, jika anda menyukai kamera depan yang lebih superior dengan lensa beresolusi 16MP, maka bisa membeli Vivo Y15. Namun anda harus sadar, jika uang senilai Rp. 100.000 itu hanya untuk mendapatkan keunggulan di sektor kamera depan saja, tidak kurang dan tidak lebih. Jadi, semuanya tergantung kepada pribadi anda masing masing. Apakah anda bersedia mengeluarkan budget lebih tinggi Rp. 100.000, hanya untuk mendapatkan kamera depan yang sedikit lebih bagus.

Last, mungkin saja ulasan kami diatas tadi mengenai spesifikasi ataupun perbedaan Vivo Y12 dan Y15 masih terasa kurang lengkap, dan masih ada beberapa aspek lagi yang tidak kami jelaskan. Namun setidaknya ulasan tersebut diatas sudah bisa menjadi gambaran ataupun bahan pertimbangan untuk anda, akan lebih memilih yang mana diantara kedua hp Vivo murah ini.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel