Kelebihan dan Kekurangan Vivo S1 Indonesia Spesifikasi Serta Harga

Vivo S1 - Tepat pada hari ini, Selasa 16 Juli 2019, Vivo kembali merilis smartphone terbaru mereka. Bukan generasi penerus dari seri seri sebelumnya, namun Vivo S1 ini benar benar merupakan sebuah smartphone baru, dengan series yang baru pula. Lantas, bagaimana Vivo menempatkan S Series terbaru ini, dan  bagaimana spesifikasi Vivo S1 yang baru saja dirilis?. Tentu akan sangat menarik untuk mengulas lebih dalam mengenai kelebihan dan kekurangan Vivo S1, yang baru saja dirilis ini.

Vivo S1
Vivo S1
Kita tahu jika Vivo sudah memiliki lini V dan Y series yang memang sudah lama beredar di pasar Indonesia. Dan S series merupakan seri baru, yang menurut Vivo tidak akan mengganggu posisi kedua series terdahulu. Hal ini berarti jika Vivo sudah mengincar pasar tertentu yang akan menerima Vivo S series tanpa harus mengorbankan pasar V dan Y series. Dan hal yang sangat istimewa untuk Indonesia adalah karena Vivo tidak butuh waktu lama memboyong seri pertama dari S series, yakni Vivo S1.

Kelebihan Vivo S1

Dengan harga di kisaran Rp. 5 Jutaan pada pembukaan pre oder yang baru saja dilakukan, tentu tidak ada salahnya jika kita berharap spesifikasi Vivo S1 harus mumpuni, memiliki fitur lengkap, dan juga dukungan teknologi terbaru yang sedang trend saat ini. Dan memang tidak salah, terutama melihat keunggulan Vivo S1 di sektor kamera dan fingerprint di bawah layar, serta panel layar yang digunakan. Dan berikut ulasan lengkap kami mengenai kelebihan Vivo S1 yang baru saja dirilis.

1. Panel Layar Super AMOLED

Tidak mau kalah dari Samsung, Vivo pun akhirnya mulai menggunakan panel layar Super AMOLED yang memang terkenal tajam dan jernih. Bukan berarti jika Vivo selama ini tidak pernah  menggunakan layar ini, namun cenderung pada hp Vivo dengan harga fantastis mahal. Panel layar Super AMOLED ini merupakan sebuah kelebihan Vivo S1 yang akan bisa kita nikmati setiap memandang layar.

Panel Super AMOLED yang digunakan Vivo S1 berukuran 6.38 inchi, yang menurut kami sudah sangat pas dan nyaman di genggaman tangan. Memang masih terdapat notch di atas layar berisikan lensa kamera depan, namun hal ini tentu saja wajar. Jika ingin menggunakan layar penuh, maka tentu harus menggunakan kamera pop-up, dimana akan berperan besar menaikkan harga jual Vivo S1 itu sendiri.

Sebagaimana kita ketahui, panel Super AMOLED sudah terkenal dengan ketajaman dan kejernihannya. Namun hal ini tidak membuat Vivo lupa dan tetap membekali layar tersebut dengan resolusi tinggi, mencapai 1080 x 2340 piksel. Hal yang sangat menyenangkan pastinya ketika menggunakan Vivo S1 untuk sekedar menonton video ataupun bermain game.

2. Fitur Always On Display

Fitur Always On Display merupakan suatu fitur yang sudah sangat melekat dan identik dengan penggunaan panel Super AMOLED. Namun bukan berarti jika semua hp yang menggunakan layar Super AMOLED pasti memiliki fitur Always On Display, sebab ada beberapa hp Samsung yang tidak dibekali fitur ini walaupun sudah menggunakan panel yang terkenal tajam dan jernih ini. Namun kelebihan Vivo S1 adalah sudah dibekali juga dengan fitur tersebut, yang pastinya akan banyak membantu pengguna.

Ada banyak fitur yang bisa dimasukkan dalam tampilan Always On Display. Agar pengguna tidak merasa bosan, maka pengguna juga bisa mengubah tema yang digunakan ketika menampilkan fitur, tentunya dengan konsumsi daya baterai yang minim.

3. Screen Touch ID

Sensor fingerprint, ya memang masih merupakan yang terbanyak digunakan saat ini mulai dari smartphone murah sampai kelas atas sekalipun. Namun tentunya keunggulan Vivo S1 ini adalah karena sudah dibekali dengan Under Display Fingerprint ataupun Screen Touch ID, dimana sensor diletakkan di bawah layar. Alhasil, bagian body belakang pun kelihatan lebih bersih dan minimalis, tanpa adanya sensor fingerprint.

Dalam hal urusan Screen Touch ID, Vivo memang merupakan salah satu brand smartphone yang paling getol mengembangkan fitur ini. Tidak heran jika sudah ada beberapa hp Vivo yang menggunakan fitur ini, namun Vivo S1 adalah hp Vivo termurah yang menggunakan Screen Touch ID, setidaknya sampai saat smartphone ini dirilis.

Bahkan ketika membuka kunci layar Vivo S1, sudah disediakan juga animasi animasi menarik yang bisa anda pilih sesuka hati. Hanya sebuah detail kecil memang, namun merupakan sebuah fitur yang menarik menurut kami.

4. Desain 2.5D Mewah

Sektor spesifikasi, kelengkapan fitur, dan juga teknologi yang dimiliki memang merupakan hal yang krusial pada sebuah smartphone. Namun bukan berarti jika desain harus dikorbankan. Keunggulan Vivo S1 juga masih sangat terasa pada desain yang dimiliki, bergaya premium dengan desain 2.5D yang sangat menggoda untuk dilihat.

Menurut klaim Vivo sendiri, Vivo S1 ini menggunakan teknik pelapisan nano-ion yang menghasilkan warna gradasi yang berbeda dengan smartphone lain. Setidaknya hingga saat ini tersedia dua pilihan warna yang bisa dibeli, yakni Cosmic Green dan Skyline Blue, tergantung anda untuk memilih sesuai selera dan keinginan.

5. AI Triple Camera Utama

Vivo V series terkenal dengan kecanggihan dan kepopuleran kamera yang dimiliki. Namun ternyata Vivo S1 juga tidak mau kalah dan memiliki kamera superior yang menurut kami sudah cukup bisa diandalkan. AI Triple Camera utama merupakan sebuah kelebihan Vivo S1 tentu akan mampu memberikan hasil foto maksimal, dengan detail yang tajam dan bersih.

Vivo S1 dibekali dengan sensor SONY IMX499 dengan resolusi 16MP sebagai kamera utama, 8MP kamera ultrawide dan 2MP depth sensor. Dengan angle wide yang mencapai 120 derajat, anda pun akan bisa menangkap objek lebih luas, semua karena fitur AI Super Wide-Angle.

6. Kamera Selfie 32MP

Sudah seakan makanan ringan bagi Vivo memberikan kamera selfie dengan kualitas mumpuni. Begitu juga dengan kelebihan Vivo S1 yang sudah dibekali dengan kamera selfie beresolusi 32MP, dengan mode AI Super Wide-Angle. Ketika kamera selfie diaktifkan, maka kamera akan otomatis berubah menjadi mode Super Wide-Angle untuk mendapatkan objek foto yang lebih luas. Jangan khawatir jika ingin wefie dengan banyak teman, karena Vivo S1 mampu diandalkan.

Vivo mengklaim jika kamera selfie beresolusi 32MP ini akan mampu menghasilkan foto dengan resolusi Ultra HD, dengan tingkat ketajaman dan kejernihan yang sangat tinggi. Terdapat juga beberapa fitur dan mode menarik, seperti AI Face Beauty, AI Selfie Lighting, AR Sticker, AI Filter, dan lain lain.

7. Performa Gahar

Demi mendapatkan kinerja multitasking yang lebih lancar, Vivo S1 sudah dibekali dengan RAM berukuran 4GB dan memori internal berukuran 128GB. RAM berukuran 4GB memang pada umumnya dipadukan dengan memori internal 64GB, namun tidak dengan Vivo S1. Apakah ini berarti jika Vivo S1 sudah tidak mendukung microSD atau slot microSD lagi?, ternyata tidak juga.

Spesifikasi Vivo S1
Spesifikasi Vivo S1
Keunggulan Vivo S1 masih tetap dibekali dengan slot microSD yang bahkan terpisah dengan slot dual SIM yang dimiliki. Jika storage yang sudah lega ini masih kurang cukup untuk anda, maka bisa menggunakan microSD hingga kapasitas 256GB lagi.

Sementara untuk sistem operasi yang digunakan, Vivo S1 menggunakan Funtouch OS 9 berbasiskan Android 9.0 (Pie). Memang sedikit disayangkan melihat chipset yang digunakan, yakni Mediatek Helio P65 Octa-Core(12nm). Banyak orang yang berharap Vivo S1 dibekali dengan chipset Snapdragon yang lebih maksimal dalam bermain game, setidaknya chipset Mediatek P70.

8. Baterai dan Fast Charging

Kapasitas baterai sudah hal mutlak yang harus benar benar diperhitungkan oleh setiap brand smartphone. Dan keunggulan Vivo S1 dimana sudah menggunakan baterai berkapasitas 4.500mAh, juga masih didukung dengan teknologi fast charging, yang disebut sebagai Dual-Engine Fast Charging oleh Vivo sendiri.

9. Ultra Game Mode

Entah kenapa atau karena memang sedang trend saja, kebutuhan smartphone dengan kemampuan dan dukungan game yang baik sekarang ini memang cukup diminati. Vivo memperhatikan dengan serius hal tersebut dan memberikan fitur Ultra Game Mode pada Vivo S1. Dengan keunggulan Vivo S1 di sektor ini, diharapkan para gamer akan bisa memaksimalkan kinerja Vivo S1 ketika bermain game.

Fitur terbaru yang ditambahkan pada Ultra Game Mode adalah Game Countdown, dimana akan berguna untuk menampilkan waktu mundur sebelum permainan dimulai, sehingga pengguna pun bisa melakukan aktivitas lain sembari menunggu game dimulai.Tidak hanya itu, terdapat juga fitur Multi-Turbo yang akan berguna memberikan pengalaman bermain game yang lebih lancar, mengurangi frame-drop hingga 300%, yang tentunya akan sangat disukai para gamers.

Kekurangan Vivo S1

Hadir dengan superioritas di sektor kamera utama dan kamera selfie, panel layar yang digunakan, dan juga Screen Touch ID, lantas bagaimana dengan aspek lainnya?, karena bukan tidak mungkin ada saja aspek yang dikorbankan. Dan menurut kami penggunaan material yang alakadarnya merupakan sebuah kelemahan Vivo S1. Dan berikut ulasan lengkap kami mengenai kekurangan Vivo S1 yang baru dirilis di Indonesia ini.

1. Material Plastik

Dari sisi desain harus diakui jika Vivo S1 sangat superior. Namun ketika mengetahui material body belakang yang digunakan, harus diakui jika ini merupakan sebuah kekurangan Vivo S1 yang seharusnya sudah bisa dihilangkan oleh Vivo sendiri. Penggunaan material plastik polycarbonate memang tidak mempengaruhi tampilan sedikitpun.

Namun ketika berbicara kualitas, maka material plastik polycarbonate yang dimiliki sedikit banyak mengurangi image mewah pada Vivo S1. Jika anda berkenan melihat smartphone lain, Redmi Note 7 yang hanya dibanderol di angka Rp. 2 Jutaan saja sudah dibekali dengan material kaca pada bagian depan dan belakang dan itu sangat menarik menurut kami.

2. Tanpa NFC

Fitur ini bukanlah fitur yang tidak berguna sekarang ini, bukan juga merupakan fitur yang terlalu mahal. Dengan adanya fitur NFC (Near Field Communication), tentu akan berguna sekali dalam hal bertukar file dan dokumen antar smartphone yang sudah mendukung fitur NFC. Fitur NFC ini juga bisa digunakan untuk transaksi digital, dimana semakin banyak digunakan saat ini.

3. MicroUSB 2.0

Salah satu kekurangan Vivo S1 yang menurut kami sangat disayangkan. Pelan tapi pasti, kami yakin jika microUSB akan tergeser dan digantikan dengan USB Type-C yang lebih modern, lebih cepat dalam transfer data, dan lebih kuat, serta berbagai keunggulan lainnya. Namun entah dengan alasan apa, Vivo memang masih seringkali menggunakan microUSB 2.0 lawas, bahkan pada beberapa smartphone yang lebih mahal sekalipun dari Vivo S1.

Harga dan Kesimpulan

Jika anda mencari smartphone dengan tampilan layar yang super jernih dan tajam, superioritas di sektor kamera, serta dibekali dengan Screen Touch ID yang menurut kami sangat menggoda, maka Vivo S1 merupakan salah satu pilihan yang sangat tepat. Namun kekurangan Vivo S1 pada beberapa aspek juga seharusnya anda pertimbangkan, agar tidak salah membeli dan menyesal di kemudian hari.

Lantas, berapa budget yang harus anda keluarkan untuk bisa meminang Vivo S1 terbaru ini?. Harga Vivo S1 pada periode Pre-Order yang dilakukan di salah satu marketplace Indonesia dipatok di angka Rp. 3.599.000, harga yang cukup menarik menurut kami. Namun tidak tertutup kemungkinan harga tersebut akan naik jika permintaan pasar meningkat dan sudah dijual secara offline di berbagai gerai.

Last, semua kelebihan dan kekurangan Vivo S1 yang sudah kami ulas tadi mungkin saja tidak sesuai dengan pendapat anda masing masing. Namun kami berusaha mengkomparasikan fitur dan spesifikasi Vivo S1 dengan smartphone lain di range harga yang kurang lebih sama, untuk selanjutnya bisa mengulas kelebihan dan kekurangan Vivo S1 dengan lebih akurat dan objektif.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel