Kelebihan dan Kekurangan Vivo Y12 Spesifikasi Serta Harga

Vivo Y12 - Setelah sukses meluncurkan Vivo Y17 dan Vivo Y15, brand smartphone terkenal dari Tiongkok ini kembali meluncurkan produk terbaru mereka di bulan Juni ini. Jika dilihat dari desain, tidak banyak perbedaan yang bisa kita temukan antara ketiga smartphone ini. Namun dari sisi spesifikasi yang dimiliki, maka Vivo Y12 adalah varian yang terendah dari ketiganya. Merupakan varian terendah, seberapa worth it kah hp ini untuk dimiliki?.

Vivo Y12
Vivo Y12
Banderol harga Vivo Y12 yang baru dirilis ini tidaklah terlalu mahal, dan mungkin akan berhadapan langsung dengan Xiaomi Redmi Note 7 yang sudah duluan rilis. Dari sisi desain yang kurang lebih sama dengan Vivo Y15 dan Vivo Y17, tentu ini merupakan keuntungan tersendiri untuk para pemiliknya nanti. Diposisikan sebagai varian harga terendah, namun memiliki desain yang kurang lebih sama dan menarik, dengan smartphone di atasnya.

Kelebihan Vivo Y12

Berbicara mengenai desain, Vivo memang salah satu juaranya. Penggunaan desain belakang berwarna cerah gradien, memberikan tampilan yang memukau. Warna gradien memang sedang menjadi trend saat ini, dan itulah salah satu keunggulan Vivo Y12. Dari sisi spesifikasi, smartphone ini juga terbilang mumpuni, bahkan tidak kalah dibandingkan dengan Vivo Y15.

Vivo Y15 yang sebenarnya berada di atas Vivo Y12 menggunakan chipset Mediatek MT6762 Helio P22, begitu juga dengan Vivo Y12. Mengenai kelebihan kekurangan Vivo Y15 juga sudah kami bahas beberapa waktu yang lalu di blog ini, sebagai perbandingan untuk anda. Lantas, bagaimana dengan kelebihan dan kekurangan Vivo Y12?, berikut ulasannya kami rangkum untuk anda.

1. Desain Mewah dan Menarik

Desain adalah salah satu faktor yang sangat penting dalam memilih sebuah smartpone, setidaknya untuk sebagian besar orang. Dan Vivo benar benar menyadari hal tersebut, dengan menggunakan desain yang mewah dan menarik pada Vivo Y12. Baik bagian depan maupun belakang terlihat sangat bersih, dengan gradien warna cerah yang menarik.

2. Waterdrop Screen Lega

Walaupun memiliki dimensi yang kompak di tangan, namun layar Vivo Y12 memiliki ukuran 6.35 inchi, sama seperti layar Vivo Y15 dan Y17. Berbicara mengenai kualitas layar, tentu sudah terasa mencukupi dengan resolusi HD+ pada layar seluas 6.35 inchi. Hanya saja belum diketahui apakah Vivo menggunakan pelindung layar sejenis Corning Gorilla Glass atau tidak.

Bezel yang terdapat pada sisi luar layar juga tidak begitu luas, terutama samping kanan dan kiri. Pada bagian atas, terdapat waterdrop notch yang ditempati oleh lensa kamera depan, ditemani oleh speaker telepon. Sementara pada bagian bawah tidak terdapat apa apa, sehingga bezelnya juga bisa diminimalisir.

3. Sistem Operasi dan Performa Mumpuni

Memang tidak seperti Xiaomi yang doyan menggunakan chipset Qualcomm, Vivo masih memilih chipset Mediatek untuk kebanyakan smartphone besutan mereka. Namun penggunaan chipset Mediatek 6762 Helio P22 (12nm) pada smartphone ini terasa sudah cukup dan menjadi salah satu kelebihan Vivo Y12. Kinerja dari chipset tersebut didukung oleh penggunaan GPU PowerVR GE8320 sebagai pengolah grafis.

Sistem operasi Android 9.0 (Pie) adalah pilihan yang sangat tepat untuk Vivo Y12, dengan kustomisasi khas Vivo menggunakan Funtouch 9. Sekedar informasi untuk anda, UI Funtouch milik Vivo adalah salah satu UI yang msauk kategori paling interaktif, namun hemat daya dan hemat RAM hingga sekarang ini.

4. RAM dan Memori Lega

Untuk mendukung kinerja membuka aplikasi yang lancar, Vivo Y12 sudah dibekali dengan dua varian RAM dan memori internal. Varian pertama adalah 3GB RAM dengan 32GB memori internal, dan varian tertinggi adalah $GB RAM dengan memori internal 64GB. Untuk smartphone berlabel Vivo, tentu RAM sebesar ini sudah terasa sangat cukup, sekalipun digunakan untuk membuka aplikasi berat.

Mengenai media penyimpanan, sudah tersedia juga slot microSD yang terpisah dari slot dual-SIM. Jadi anda tidak harus mengorbankan salah satu dan bisa menggunakan ketiga slot secara bersamaan. Untuk memperbesar memori, maka anda bisa memasukkan microSD hingga kapasitas 256GB.

5. AI Triple Camera

Walaupun berada di harga terendah, namun ternyata Vivo Y12 juga sudah menggunakan AI Triple Camera, sama seperti Vivo Y15 dan Y17. Bahkan resolusi lensa ketiga kamera tersebut juga sama, begitu juga dengan bukaan aferture. Jadi, mungkin hasil foto dari kamera belakang ketiga smartphone ini tidak akan jauh berbeda.

Untuk main camera, Vivo menggunakan lensa beresolusi 12MP, ultrawide camera beresolusi 8MP, dan depth camera beresolusi 2MP. Terdapat juga fitur HDR, LED Flash, dan panorama yang bisa anda gunakan untuk mendapatkan hasil foto yang lebih menarik lagi.

Pada sisi kamera depan, Vivo Y12 memang kalah dari para saudaranya. Vivo Y17 sendiri sudah menggunakan lensa beresolusi 20MP, Vivo Y15 lensa beresolusi 16MP. Namun untuk Vivo Y12, hanya dibekali lensa beresolusi 8MP saja. Namun hal ini tentu bisa dimaklumi, mengingat harganya juga adalah yang paling murah diantara ketiganya.

6. Baterai Besar

Untuk smartphone di harga 2 jutaan, tentu kelebihan Vivo Y12 di sektor ini memang tidak perlu diragukan lagi. Demi waktu penggunaan yang jauh lebih lama, tidak tanggung tanggung karena Vivo Y12 memiliki baterai berkapasitas 5.000mAh. Kabar baiknya lagi, kapasitas baterai yang digunakan ini juga tidak berbeda dengan kapasitas baterai Vivo Y15 dan Y17.

Kekurangan Vivo Y12

Baterai besar adalah impian bagi sebagian besar orang ketika akan membeli sebuah smartphone. Namun bagaimana jadinya jika baterai besar yang dimiliki tidak didukung dengan fitur fast charging?. Sekor yang menjadi kekurangan Vivo Y15 ini juga ternyata menjadi salah satu kelemahan Vivo Y12. Ya, absen fitur atau teknologi fast charging.

Vivo Y12
Desain Vivo Y12
Bayangkan saja berapa lama anda harus menunggu untuk pengisian daya baterai sampai penuh. Tentu akan sangat membosankan, apalagi jika memiliki aktivitas yang padat. Padahal fitur atau teknologi fast charging sendiri bukanlah fitur yang terlalu mahal lagi, apalagi karena harga Vivo Y12 sudah mencapai angka Rp.2 jutaan.

Lantas, bagaimana kekurangan Vivo Y12 yang bisa kami temukan?. Berbagai kekurangan didasarkan dari harga, dan juga dari fitur yang dimiliki oleh rival terdekatnya dari brand lain. Apakah harga segini wajar tidak mendapatkan fitur ini?, apakah harga segini pantas hanya diberikan fitur seperti ini?. Berikut ulasan kami mengenai kekurangan Vivo Y12 untuk anda sekalian.

1. Body Berbahan Plastik Polycarbonate

Tidak ada yang salah dengan desain Vivo Y12, tidak ada yang salah dengan gradien warna cerah yang sangat menarik ini. Namun penggunaan body berbahan plastik sebenarnya mungkin masih bisa ditingkatkan, seperti menggunakan bahan metal aluminium misalnya yang lebih kuat. Hal ini memang tidak terlalu mengherankan, sebab Vivo Y15 dan Y17 sekalipun masih menggunakan body berbahan plastik polycarbonate.

2. Masih Micro USB 2.0

Bagi sebagian orang, kekurangan Vivo Y12 di sektor ini mungkin ini bukanlah hal yang terlalu penting. Namun menurut saya pribadi, ini tetap merupakan kekurangan yang sangat disayangkan. Mengapa demikian?, karena jika kita melirik pesaing dekatnya, yakni Xiaomi Redmi Note 7 ternyata sudah menggunakan USB Type-C. Lantas, mengapa Vivo Y12 tidak bisa memberikan hal yang sama, dengan harga yang kurang lebih sama juga?.

3. Belum Mendukung Fast Charging

Ini adalah kelemahan Vivo Y12 yang juga sebenarnya sangat mengecewakan. Waktu yang digunakan untuk mengisi daya baterai sebesar 5.000mAh tentu akan lama karena tidak mendukung fitur fast charging. Lagi lagi hal ini menjadi kekurangan yang sebenarnya tidak terlalu sulit untuk diimprove oleh Vivo. Baterai berkapasitas besar memang sangat dibutuhkan, namun alangkah baiknya jika didukung juga dengan pengisian daya yang lebih cepat.

4. Hanya Tersedia 1 Varian Warna

Untuk warna sendiri, Vivo Y12 hanya tersedia dalam warna Aqua Blue. Vivo Y17 memiliki 4 varian warna, Vivo Y15 memiliki 2 varian warna. Lantas, mengapa Vivo Y12 hanya tersedia dalam 1 varian warna saja?. Memang benar jika warna Aqua Blue ini kelihatan sangat menarik, namun itu bukan berarti untuk semua orang. Untuk anda yang menginginkan warna lain, maka tidak ada pilihan karena hanya tersedia warna tersebut saja.

Harga dan Kesimpulan

Semua smartphone memang tidak bisa dibandingkan head to head. Hal tersebut karena semua hp memiliki kelebihan dan kekurangang masing masing. Mengenai kelebihan dan kekurangan Vivo Y12 sudah kami bahas, dan apakah anda masih tetap berminat untuk meminangnya?.

Jika anda mendambakan fitur trend terkini seperti AI Triple Camera, tentu ini merupakan pilihan yang sangat menarik. Apalagi kamera belakangnya sendiri tidak berbeda dengan yang digunakan oleh kedua seniornya tersebut. Baterai besar yang dimiliki juga menjadi salah satu kelebihan Vivo Y12 yang sangat menjanjikan untuk penggunaan dalam waktu yang lama.

Namun jika anda mendambakan fitur fast charging, maka anda tidak akan bisa menemukannya disini. Membeli Vivo Y12 berarti memiliki ponsel pintar berwarna Aqua Blue, karena tidak tersedia pilihan warna yang lain. Namun tidak tertutup kemungkinan jika nantinya Vivo juga mengeluarkan varian warna baru, terutama jika pasar Indonesia menginginkannya. Lantas, bagaimana dengan banderol harga Vivo Y12 terbaru ini?.

Menurut data dari gsmarena, harga Vivo Y12 berada di angka 160 EUR, atau berada di angka kisaran Rp.2.5 Jutaan. Dan setelah rilis di India, smartphone ini dibanderol dengan harga Rs.12.490 atau kurang lebih sama dengan harga yang dilampirkan pada gsmarena, tetap berada di kisaran Rp. 2.5 Jutaan. Lantas dengan harga tersebut, apakah smartphone ini terasa worth it?, tentu semua tergantung keputusan anda. Itulah ulasan kami mengenai kelebihan dan kekurangan Vivo Y12 sebagai bahan referensi bagi anda dalam memilih smartphone baru.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel