Kelebihan dan Kekurangan Vivo Y15 2019 Spesifikasi Serta Harga

Vivo Y15 2019 - Vivo memang sudah pernah merilis smartphone bernama Vivo Y15 di tahun 2013 silam. Namun di tahun ini, mereka kembali merilis Vivo Y15 2019, yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan seri terdahulu. Berbagai fitur dan spesifikasi menarik disematkan oleh Vivo pada smartphone terbaru mereka ini di segmen menengah kebawah. Lantas, seperti apa kelebihan dan kekurangan Vivo Y15 2019 ini?.

Vivo Y15
Vivo Y15
Vivo Y15 2019 diluncurkan pada bulan Mei silam. Dengan banderol harga yang berkisar di angka Rp.2 Jutaan saja, tentu peluang smartphone ini menjadi primadona baru terbuka lebar. Jika melihat secara desain, tidak terdapat banyak perbedaan dengan saudaranya yang sudah dirilis terlebih dahulu sebulan sebelumnya, yakni Vivo Y17 yang memiliki spesifikasi lebih tinggi.

Kelebihan Vivo Y15 2019

Desain yang menawan dengan waterdrop screen seluas 6.35 inchi menjadi daya tarik tersendiri untuk smartphone ini. Kelebihan Vivo Y15 lainnya di sisi desain bisa kita temukan pada warna body belakang yang menggunakan warna cerah gradient. Penggunaan warna gradien cerah belakang ini memang menjadi trend belakang ini dan dilakoni oleh banyak vendor smartphone terkenal.

Itu masih hanya soal desain, karena spesifikasi dan kemampuan di sektor lain juga terbilang sangat ampuh. Jadi, seperti apa kelebihan Vivo Y15 yang baru saja diluncurkan ini?, berikut ulasanya kami rangkum untuk anda.

1. Waterdrop Screen Berukuran Luas

Layar yang luas tidak serta merta menjadikan dimensi body smartphone menjadi jauh lebih besar. Sekarang ini penggunaan waterdrop screen sudah dilakoni oleh banyak brand, termasuk juga Vivo di beberapa seri smartphone mereka. Dengan waterdrop screen, dimensi smartphone bisa diminimalisir, namun memiliki ruang layar yang lebih lega.

Kelebihan Vivo Y15 terdapat juga pada sektor ini, dimana menggunakan layar berukuran 6.35 inchi namun dengan dimensi yang sangat kompak. Layar beresolusi 720 x1544 piksel ini tentu akan mampu memberikan pengalaman yang lebih menyenangkan, baik digunakan untuk menonton video ataupun bermain game.

2. Desain Mewah

Desain merupakan salah satu daya jual dari sebuah smartphone. Dengan desain yang menarik, tentu akan membuat konsumen lebih penasaran dan mengulik soal smartphone tersebut. Vivo Y15 dengan desain yang menawan pada bagian depan body, juga tidak kalah menarik pada bagian belakang. Walaupun bahan body yang digunakan adalah plastik polycarbonate, tapi bisa tertutupi dengan desain dan warna yang menawan.

Pada bagian belakang, terdapat 3 buah sensor kamera yang terlihat rapi dan dikelilingi oleh logam sejenis ring. Terdapat juga sensor fingerprint dan LED Flash, serta logo Vivo di bagian bawah.
Pada bagian depan terlihat sangat minimalis, walaupun masih tersisa bezel yang agak lebar pada bagian bawah. Pada bagian atas layar, terdapat waterdrop notch berukuran kecil yang diisi oleh lensa kamera depan, ditemani speaker telepon diatasnya.

3. Baterai Super Besar

Baterai besar sekarang ini menjadi hal wajib pada sebuah smartphone, bahkan jika bisa harus super besar. Kelebihan Vivo Y15 di sektor baterai memang sudah tidak diragukan lagi, berkat kapasitasnya yang mencapai 5.000mAh. Untuk kapasitas baterai seperti ini, bisa dibilang baru beberapa jenis smartphone saja yang beredar di Indonesia.

4. RAM dan Memori Internal Lega

Untuk mendukung performa multitasking yang lancar, Vivo V15 2019 sudah menggunakan RAM berukuran 4GB, yang dipadukan dengan memori internal sebesar 64GB. Apalagi karena UI Funtouch 9 yang digunakan terkenal smooth, hemat RAM dan hemat daya baterai. Dipastikan jika RAM berukuran 4GB ini akan mampu untuk memberikan pengalaman yang baik untuk penggunanya.

Mengenai ukuran storage sendiri, memang bukan hal baru lagi jika RAM 4GB biasanya dipadukan dengan memori internal berukuran 64GB. Namun tetap menjadi nilai plus Vivo Y15, karena anda pun masih bisa menggunakan microSD hingga kapasitas 256GB.

5. AI Triple Camera

AI Dual-Camera sudah lewat, dan sekarang digantikan dengan trend AI Triple Camera. Tiga kamera  sekaligus hanya untuk kamera belakang sudah bukan menjadi fitur premium lagi. Begitu juga Vivo Y15 yang dilengkapi dengan AI Triple Camera, disertai dengan penggunaan LED Flash.

Vivo Y15
Desain Vivo Y15

Kamera beresolusi 13MP menjadi kamera utama Vivo Y15, sementara ultrawide camera dibekali dengna lensa beresolusi 8MP, dan depth camera beresolusi 2MP. Jika anda ingin mengambil foto pada kondisi kurang cahaya, maka fitur LED Flash yang dimiliki mungkin akan banyak membantu, demi mendapatkan hasil foto yang lebih maksimal.

6. Kamera Selfie 16MP

Buat anda yang hobby selfie ataupun wefie, maka lensa beresolusi 16MP yang diusung oleh Vivo Y15 akan sangat memuaskan. Kamera dengan bukaan f2.0 aperture ini tentu akan bisa anda andalkan. Pada sektor kamera, Vivo memang sudah tidak perlu diragukan lagi dan disinilah letak keunggulan Vivo. Bahkan pada saat pertama muncul di Indonesia, brand ini mengusung tagline Camera & Music. Jadi tidak berlebihan rasanya jika sektor kamera memang menjadi salah satu keunggulan Vivo Y15 ini.

7. Sistem Operasi Terbaru

Jika berbicara mengenai keamanan dan fitur, maka sistem operasi terbaru memang tidak bisa diabaikan. Disinilah salah satu letak keunggulan Vivo Y15 yang sudah menggunakan sistem operasi Android 9.0 (Pie), dengan customisasi UI mereka sendiri, yakni Funtouch 9. Sekedar informasi, Funtouch merupakan salah satu UI yang terkenal smooth di pasar smartphone sekarang ini.

Kekurangan Vivo Y15 2019

Baterai sudah mengusung kapasitas 5.000mAh yang daya tahanya tentu sudah tidak perlu diragukan lagi. Keunggulan Vivo Y15 yang satu ini memang sangat menggoda perhatian, terutama untuk anda yang memiliki aktivitas padat. Namun bagaimana dengan dukungan pengisian daya?, ternyata disinilah letak kekurangan Vivo Y15 salah satunya. Ya, Vivo Y15 ini masih belum dilengkapi dengan fitur fast charging.

Selain itu, resolusi layar yang digunakan juga tergolong terlalu kecil untuk layar berukuran 6.35 inchi. Itu masih hanya dua poin dari kelemahan Vivo Y15. Lantas, bagaimana ulasan kami mengenai kekurangna Vivo Y15 2019 ini?, berikut kami rangkum untuk anda.

1. Body Berbahan Plastik Polycarbonate

Berbicara mengenai tampilan, body berbahan plastik polycarbonate tidaklah terlalu mengecewakan. Bahkan mungkin terlihat lebih menarik, apalagi jika menggunakan desain warna gradien seperti Vivo Y15 2019 ini. Namun mengenai kualitas, tentu body berbahan plastik polycarbonate tidak sebagus metal aluminium. Range harga kelas menengah seperti yang disasar oleh Vivo Y15 tentu bukanlah terlalu berlebihan jika menggunakan body berbahan metal aluminiu.

2. Layar HD

Layar berukuran 6.35 inchi yang digunakan oleh Vivo Y15 ini ternyata hanya mendukung resolusi HD saja. Tentu detail warna yang dihasilkan akan sedikit kurang tajam, apalagi karena ukurannya tergolong besar. Walaupun tidak terlalu signifikan drastis, namun alangkah baiknya jika dibekali dengan resolusi FHD atau HD+.

3. Chipset Rendah

Mediatek memang pilihan jika ingin memberikan banderol harga yang lebih murah. Namun jika harganya tidak berbeda dari para rivalnya, terutama para rivalnya sudah menggunakan chipset yang lebih tinggi?. Tentu ini patut dipertimbangkan, karena kelemahan Vivo Y15 disini adalah menggunakan chipset yang kurang menarik.

Bayangkan saja dengan banderol harganya yang tidak bisa dibilang murah lagi, Vivo Y15 masih menggunakan chipset Mediatek MT6762 Helio P22. Seandainya Vivo mau memberikan chipset yang lebih tinggi, tentu performa dari RAM 4GB yang dimiliki akan semakin maksimal dan menjadi salah satu keunggulan Vivo Y15.

4. Tidak Mendukung Fast Charging

Entah apa yang dipikirkan oleh Oppo saat mengembangkan smartphone ini. Bayangkan saja, berapa lama waktu yang harus anda habiskan untuk mengisi daya baterai sebesar 5.000mAh ini. Teknologi fast charging bukanlah teknologi baru lagi, dan juga bukanlah merupakan teknologi yang premium lagi. Bahkan ada banyak smartphone dengan harga di  bawah dari harga Vivo Y15 ini, namun sudah memiliki fitur fast charging.

Melihat kekurangan Vivo Y15 di sektor pengisian daya ini, mungkin Vivo harus belajar dari Xiaomi. Xiaomi saja yang bisa memberikan banderol harga lebih murah, masih mampu membenamkan fitur fast charging pada smartphone mereka. Kekurangan Vivo Y15 di sektor ini tentu saja akan sangat mengecewakan para konsumen yang tidak ingin berlama lama menunggu baterai smartphone penuh.

Harga Vivo Y15 2019 dan Kesimpulan

Melihat fitur fiturnya yang tidak terlalu wah, atau bahkan terasa sangat kurang di beberapa sektor tertentu, banderol harga Vivo Y15 tidaklah bisa dibilang murah. Vivo Y15 sendiri dirilis di India pada bulan Mei 2019 lalu, dengan banderol harga yang mencapai Rs. 13.990. Itu artinya harga Vivo Y15 mencapai Rp. 2.8 Jutaan, bahkan mendekati angka Rp. 2.9 Juta. Tentu bukan harga yang murah lagi, terutama jika anda menginginkan fitur lebih banyak dan lebih lengkap.

Last, jika anda memang pecinta smartphone dari brand Vivo dan ingin sekali memiliki salah satu varian yang dimilikinya, maka anda bisa mempertimbangkan Vivo Y15. Namun jika anda tidak terlalu mempedulikan brand, maka mungkin bisa melirik smartphone dari brand lain, seperti Xiaomi Redmi Note 7 misalnya. Namun itu semua tetap bergantung kepada keputusan anda.

Ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan Vivo Y15 ini memang tidak serta merta cocok pada semua orang. Jika anda menyukai keunggulan Vivo Y15 yang kami sebutkan diatas, maka kenapa tidak memilihnya?, terutama jika tidak terlalu mempermasalahkan kekurangan yang dimiliki. Itulah ulasan kami mengenai kelebihan dan kekurangan Vivo Y15 2019 ini sebagai bahan pertimbangkan untuk membeli smartphone idaman anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel